Easy Outdoor Cooking Recipes


Bisgear Outdoor $25

Outdoor FlyCamp

Fly camp sering berlaku pada perjalanan kerja saya survey di hutan rimba belantara. Pada pengalaman saya banyak yang menjadi catatan khusus pribadi. Dari soalan Easy Outdoor Cooking Recipes cara memasak. Sampai kepada strategi menjelajah huta. Dan juga perihal perlengkapan apa yang patut di bawa.

Satu hal yang tidak lupa adalah cara kami memasak ala kadarnya. Masakan yang mudah dan cocok untuk dilakukan di dalam keadaan darurat. Tempatnya di dalam hutan, memanfaatkan apa yang ada.

Contoh jenis masak an yang saya buat waktu itu adalah ayam dalam bambu, ikan bakar , ikan dalam bambu. Sayur rebus dalam bambu. Semua dalam bambu dan tanpa panci penggorengan.

Flycamp Crew 

Camping sementara biasa dilakukan kalau tidak dapat menjangkau pulang balik. Dari Camp utama ke lokasi survey. 

Biasa kalau perjalanan lebih setengah hari, akan melakukan fly camp. Meski demikian tentu mencari lokasi yang benar benar terjaga aman dari apapun situasinya.

Situasi itu hanya yang sedang mengalami di situ saja yang dapat mengerti dan mengetahui, dan orang di rumah tidak dapat membayang sebenar benar nya. Oleh sebab itu lakukan jalan jalan ke luar out door dan coba berkemah.


Hal hal yang patut diperhatikan adalah 
  1. Keselamatan Lingkungan, Pohon kering, Binatang buas , binatang melata.
  2. Mencari tempat dekat air, tidak banjir aman situasinya.
  3. Kalau perlu fly camp gantung di pohon.
  4. Terkadang ada bekas rumah penduduk asli
  5. Memasak yang ala kadar cepat dan sedap
  6. Situasi sudah membuat nyaman dan sedap
  7. Membawa barangan yang cukup saja jangan berlebihan
  8. Perkirakan jumlah hari survey plus emergensi
  9. Tenda sesuai dengan jumlah orang
  10. Perbekalan cukup
  11. Ada komunikasi emergensi
  12. Siapkan strategi emergensi safety.
  13. Sopan terhadap alam sekitar
  14. Berlaku menjaga alam, bersahabat dengan alam
  15. Ingat ciptaan Tuhan.
Dengan mengenal beberapa hal di atas , maka menjadi kwajiban bagi sesiapa yang berkemah atau masuk hutan. Wajib menjaga alam sekitar , secara hati nurani yang ikhlas dan sejujurnya.

Jangan pernah mendustai alam, apalagi merusaknya , mencederainya. Alam dapat menjadi berbahaya kalau murka. Ingat banjir dan air bah, ingat erupsi gunung berapi, lahar. Ingat hujan dengan angin kencang, puting beliung dan apapun bentuk keangkara murkaan alam semesta. 

Semua tentu ada sebabnya. Pastilah ulah manusia sendiri. Bukan ulah alam itu, Bisa apa pohon di hutan. Boleh apa binatang di dalam sana, bahkan bicara pun tidak. namun insyarat dan perilaku ada pada mereka. Itulah alam sekitar.

Resep Aman Berkemah di hutan 

Bukan saja bersenag senang dalam berkemah di dalam huta. namun disana ada tanggung jawab atas alam ini.  Salah satu tanggung jawabnya adalah menjaga kelestariannya.

Satu hal menjaga kesetarian alam sekitar itu sudah lebih dari cukup untuk di apresiasi. Apalagi dengan gerak dan laku kita melakukan hal positif terhadap pemeliharaan alam sekitar.

Contoh konkrit , membersihkan sampah plastik dari tempat rekreasi. Menjaga lingkungan hutan dari pencurian kayu. Saling menghirmat alam, karena sadar dialah yang menjadi penyeimbangan sekira kita hidup.

Resep aman berkemah dalam hutan
  1. Sebelum berkemah, kenali habitat alam sekitar. jangan duduk kemah di daerah banjir bandang tiba tiba.
  2. Kenali lingkungan penduduk. Jangan menjadi gangguan bagi penduduk sekitar. Ini berlaku kalau perkemahan dekat kampong.
  3. Kenali kehidupan binatang yang da di dalam hutan tersebut. Mungkin masih ada heman buas Harimau, atau Gajah, atau Beruang.
  4. Cari tahu kalau masih banyak babi hutan ya aman. Artinya binatang buas lain itu tidak ada.
  5. Buat sistim ronda . Jangan semua tidur sama sama.
  6. Kenali  pantangan dalam hutan tersebut. kadang tidak boleh masak udang. Atau tidak boleh bakar ayam selepas maghrib. banyak lah pantangan sesuai masing masing lokasi hutan.
  7. Permisi assalamualaikum tentu harus. Disana ada yang tinggal secara alami, maka kita numpang sementara. Ya harus permisi.
  8. Jangan sombong dan pongah terhadap alam.
  9. Bersahabatlah dengan alam.
  10. Jadikanlah disana teman berrmainmu sahabatmu.

Easy Outdoor Cooking Recipes

Judul  tersebut seolah mengingatkan kita semua serba mudah dan dapat dilakukan seenak saja. Oh tidak begitu kawan. Semua ada aturannya, Kalau manusia punya aturan. Maka alam pun ada aturannya, coba saja melawan aturan alam. Tapi terima sendiri akibatnya ya.

Sungguh indah kalau kita bersahabat dengan alam. Jangan Ebi G Ade saja dengan lagu lagunya. Kita juga dapat menyelami dan memahami alam.

Buktikan  kalau kita  bersahabat dengan alam sekitar.  Di lingkungan kita saja dahulu. Di halaman kita, bagi perokok sudahkah puntung rokokmu tidak kemana mana berserak. Rapihkan sekitarmu. Hidup akan menjadi indah dan sedaap di pandang.

In shaa Allah akan menjadi amalan yang bermanfaat. Maka kenali alam sekitar dan alam nyata di sekitarmu. Jadilah bagian hidup. Saling memberi dan menjaga satu sama lain. Alam dan kamu, kamu dan alam.
Easy Outdoor Cooking Recipes  menulis untuk kamu.


Degodego Semakin banyak pengetahuan membuat bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel