Daun Nasi Anti Bakteri

Daun Lerek

Daun nasi yang saya kenal adalah salah satu jenis daun yang waktu itu dipergunakan sahabat saya dari Manado, Sulawesi Utara, untuk membungkus beras, kemudian direbus macam rebus ubi gitu, akhirnya menjadi nasi lonthong disebut Nasi Daun.  Daun nasi anti bakteri menurut penelitian salah satu mahasiswa kedokteran Universitas Sriwijaya , Palembang.

Dalam acara pesta besar masyarakat sering di suguhkan bersama "Ayam Buluh" , yaitu ayam yang dimasak dalam bambu. Yang jadi kenangan paling sedaaap di saat menikmati hidangan makanan khas Menado ini , lokasi makan bersama sahabat sahabat eksplorasi di tengah kebun kopi, tepat di "Sabua".

Selera Manado

Oh sedaaap, enak, nyamleng , mak nyuuuuz.  Seperti makanan yang memang belum pernah saya santap sebelum itu. 

Apalagi yang masaknya ini sahabat saya Om Refly Manoreh, dia jagoan bikin ini nasi daun dan ayam bulu.

Sesudah itu pula , di undang makan durian ke rumahnya di Tomohon. Sayang mohon maaf saya tidak makan buah durian.  

Ditinjau dari berbagai darah daun ini disebut Daun Nasi, daun Lerek, Daun Laikit , Daun Lek. 

Menurut ilmu tentang tumbuh tumbuhan jenis tumbuhan ini termasuk
  • Spesies : Phrynium Pubinerve Blume
  • Genus : Phrynium
  • Famili : Marantaceaea
  • Ordo : Zingiberaies
  • Klas : Angiozsperms
  • Phylum : Plantaceae

Lingkungan hidupnya : di lembah tepian sungai, daerah yang banyak berair, semak semak basah, tepian paya dan tepian parit aliran sungai.

Terdapat di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia, Malaysia, Thailand, India , Laos dan Philipina

Cara Membuat Nasi Daun Lerek

Perhatikan berikut ini cara mempersiapkan nasi daun, yang saya yakin daun nasi anti bakteri yang dimaksudkan adalah Phrynium Pubernerve Blume dan lebih di kenal sebagai Daun Lerek


Cara membuatnya:
  1. Beras yang sudah dicuci, dibungkus diatas daun tersebut. 
  2. Kemudian dikemas didalam panci yang cukup sarat sehingga tidak ngapung bila di isi air. Boleh juga gunakan teplon Rive Cooker.
  3. Lalu di isi air sampai tercelup semua bungkusan daun nasi tadi.  Kalau dengan Rice Cooker, tiris airnya , di tambah lagi dengan air panas, dua kali masak mendidih , pasti hasilnya nasi daun jadi lembut, wangi
  4. Direbus sampai masak betul , dua or tiga kali tambah air panas.
  5. Rasakan masak nasi ini.....masih lebih Jozzz dari ketupat biasa.
Wooooow lebe lezat dari Lontong.......Begitu Loh.

Manfaat Bagi Kesehatan Dari Daun Lerek

Baru baru ini mahasiswa Universitas Sriwijaya telah membuat disertasi untuk meraih gelar sarjana Kedokteran, namanya Rifqi Murtado. Skripsinya tentang manfaat ekstrak daun Lerek terhadap bakteri Staphylococus aureus. Bagus sekali penelitian ini, semoga sekarang sudah menjadi dokter yang berjaya menyembuhkan pasien dan berbakti kepada negara dan bangsa Indonesia. selamat dokter ini yaa. Daun Lerek yang saya sebut daun nasi anti bakteri tidak salah ya yang diteliti mas dokter ini.
       

Mungkin bagi sahabat saudara di Manado perlu membaca sari tulisan mas dokter Rifqi Murtado. Jadi banyak manfaatnya daun nasi yang sudah dikembangkan oleh nenek moyang jaman dulu di derah sana. Patut berterima kasih kepada leluhur di Sulawesi Utara ini.

Manfaat Lain Bagi Saya 

Setelah saya mengurai tentang daun nasi anti bakteri di atas, maka saya pun punya pengalaman sehubungan dengan daun lerek ini. Manfaatnya bagi saya antara lain :
  1. Saya menggunakan daun lerek untuk memasak nasi daun di dalam hutan tatkala eksplorasi.
  2. Saya mempergunakan daun lerek untuk berteduh di kala hujan, Tentu saya memilih daun yang lebar panjang , seperti daun pisang.
  3. Di dalam hutan saya mempergunakan daun Lerek ini untuk memasak ikan di pepes, atau ikan pais (Malaysia)
  4. Satu lagi saya mempergunakan daun lerek untuk membuat Lemang beras ketan (beras pulut) 
  5. Selain itu digunakan juga untuk alas penyajian di kala makan. 

Dimana bisa diperoleh di Jakarta daun Lerek

Mungkin bagi masyarakat kota, apalagi kota besar semacam Jakarta, ya susah mau dapatkan daun ini.

Tetapi dalam era sosmed sekarang ini jaman now, maka tinggal order saja minta kepada sahabat dari daerah yang tinggal di Sulawesi Utara, Bolaang Mongondow, atau di Daerah Banten ujung sana. Atau ada yang tahu lagi dimana boleh tolong kami.

Pesan saya manfaatkan kekayaan alam dengan baik dan maksimal, namun tetap jaga alam ini semoga tetap Lestari Alamku. 

teh-daun-tin
Masak Buluh
Makanan Snak
Gamba
Degodego Semakin banyak pengetahuan membuat bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel